PENGARUH PELAYANAN FISKUS DAN PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Badan Di Kawasan GIIC)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelayanan Fiskus dan Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern terhadap Kepuasan Pengguna pada Wajib Pajak Badan yang terdaftar di Kawasan GIIC (Greenland International Industrial Center). Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kualitas pelayanan dan sistem administrasi modern dalam meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengguna layanan perpajakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 56 responden yang merupakan perwakilan dari wajib pajak badan di kawasan tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan uji asumsi klasik, uji t, uji F, serta koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Pelayanan Fiskus maupun Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, baik secara parsial maupun simultan. Nilai R Square sebesar 0,659 mengindikasikan bahwa 65,9% variasi Kepuasan Pengguna dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Dengan demikian, disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan fiskus dan optimalisasi sistem perpajakan modern berkontribusi terhadap peningkatan kepuasan pengguna layanan perpajakan di lingkungan wajib pajak badan.
Kata kunci: Pelayanan Fiskus, Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Kepuasan Pengguna, Wajib Pajak Badan, GIIC.
- Cover_Mutiara Aulia_62201021002079.pdf
- BAB I_Mutiara Aulia_62201021002079.pdf
- BAB II_Mutiara Aulia_62201021002079.pdf
- BAB III_Mutiara Aulia_62201021002079.pdf
- BAB IV_Mutiara Aulia_62201021002079.pdf
- BAB V_Mutiara Aulia_62201021002079.pdf
- Daftar Pustaka_Mutiara Aulia_62201021002079.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.