PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM KEMASAN AQUA (STUDI KASUS MAHASISWA STIE GICI BEKASI)

Ripaldi Ramadhan
2411706461
2022
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM KEMASAN AQUA (STUDI KASUS MAHASISWA STIE GICI BEKASI)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pertumbuhan persaingan yang semakin ketat membuat banyak perusahaan menghasilkan suatu produk yang sama atau sejenis dengan kualitas yang baik pula, yang mengakibatkan perubahan perilaku kosnumen di dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Perusahaan harus mampu bersaing dan bertahan untuk memenangkan persaingan tersebut. Adapun yang masaih dihadapi seperti masih adanya komplain yang berhubungan dengan kualitas pelayanan yang diberikan, presepsi harga yang masih mahal menurut konsumen, serta penyampaian informasi atau promosi yang dilakukan belum menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kemasan Aqua (Studi Kasus Mahasiswa STIE Gici Bekasi). Jenispenelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kusioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara probability sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 80 responden, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 45,4% factor-faktor keputusan pembelian dapat di jelaskan oleh Kualitas Produk, Harga sedangkan sisanya sebesar 54,6% di pengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji t menunjukan bahwa variable kualitas produk menunjukan hasil analisis thitung (2,42), variable Harga menunjukan hasil analisis thitung (5,591) dimana ttabel (1,987) maka secara parsial dua variable tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Air Minum Kemasan Aqua Studi Kasus Mahasiswa Stie Gici Bekasi. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variable kualitas produk, harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (33,840) Ftabel (2,700). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian Air Minum Kemasan Aqua Studi Kasus Mahasiswa Stie Gici Bekasi dapat dilihat dari nilai Standaridized Coefficient Beta tertinggi, yaitu nilai dari variable harga sebesar (0,537).

Kata kunci: Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian

S1 Manajemen
215