EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KETARUNAAN TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN BOGOR
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pendidikan karakter berbasis ketarunaan di SMK Bina Sena Bogor dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan desain mixed methods, yang memadukan data kuantitatif melalui angket serta data kualitatif melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis dilakukan secara integratif untuk menilai relevansi konteks, kelayakan input, dinamika proses, dan capaian produk program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek konteks, program sesuai dengan visi sekolah dan kebutuhan industri pelayaran, meskipun perlu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik saat ini. Pada aspek input, regulasi dan sarana prasarana mendukung, tetapi kompetensi pembina masih perlu ditingkatkan. Pada aspek proses, kegiatan ketarunaan berjalan sesuai rencana, namun masih dominan instruktif dan berpotensi menimbulkan praktik perundungan. Pada aspek produk, program meningkatkan kedisiplinan siswa, tetapi penguatan tanggung jawab dan ketahanan mental belum optimal. Penelitian menyimpulkan bahwa program ketarunaan relevan dan penting, namun memerlukan penguatan strategi pembinaan yang lebih humanis, peningkatan kapasitas pembina, serta instrumen evaluasi karakter yang lebih terukur. Hasilnya diharapkan memberi kontribusi praktis bagi sekolah serta kontribusi akademis bagi pengembangan model pendidikan karakter berbasis ketarunaan di tingkat SMK.
Kata kunci: pendidikan karakter, ketarunaan, evaluasi program, model CIPP
- Cover_Abdul Bung Hadi_61101020200001.pdf
- BAB I_Abdul Bung Hadi_61101020200001.pdf
- Bab 2_Abdul Bung Hadi_61101020200001.pdf
- Bab 3_Abdul Bung Hadi_61101020200001.pdf
- Bab 4_Abdul Bung Hadi_61101020200001.pdf
- Bab 5_Abdul Bung Hadi_61101020200001.pdf
- daftar pustaka_Abdul Bung Hadi_61101020200001.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.