ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM AYAM POTONG BU ELIH
UMKM Ayam Potong Bu Elih merupakan usaha mikro yang bergerak dalam bidang distribusi dan penjualan ayam potong segar di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh UMKM Ayam Potong Bu Elih serta merumuskan alternatif dan prioritas strategi pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan meliputi Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai total Matriks IFE sebesar 2,990 dan Matriks EFE sebesar 3,373. Posisi usaha berada pada kuadran II Matriks IE, yaitu Grow and Build, yang mengindikasikan perlunya strategi intensif dan integratif. Berdasarkan Matriks SWOT dan QSPM, diperoleh sepuluh alternatif strategi, dengan urutan prioritas berdasarkan nilai STAS tertinggi adalah strategi pemanfaatan teknologi digital (5,656), strategi penetrasi pasar (5,577), integrasi ke depan (5,540), integrasi horizontal (5,511), serta pengembangan pasar (5,126).
Kata kunci: Strategi Pengembangan Usaha; Matriks IFE; EFE; IE; QSPM
- Cover_Albi Bahrul Hidayat_61201021008763.pdf
- BAB I_Albi Bahrul Hidayat_61201021008763.pdf
- BAB II_Albi Bahrul Hidayat_61201021008763.pdf
- BAB III_Albi Bahrul Hidayat_61201021008763.pdf
- BAB IV_Albi Bahrul Hidayat_61201021008763.pdf
- BAB V_Albi Bahrul Hidayat_61201021008763.pdf
- Daftar Pustaka_Albi Bahrul Hidayat_61201021008763.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.