Analisis Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelayanan Kepegawaian di Universitas Ibn Khaldun Bogor

Fajri Restu Amalia
61201021008785
2025
Analisis Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelayanan Kepegawaian di Universitas Ibn Khaldun Bogor
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pelayanan kepegawaian di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor dituntut untuk beradaptasi guna menunjang efisiensi dan efektivitas kerja. Masalah seperti kurangnya integrasi sistem informasi serta minimnya pelatihan SDM menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen dalam meningkatkan kepuasan pelayanan kepegawaian. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis strategis melalui Matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan nilai total pada Matriks IFE sebesar 2,24 dan Matriks EFE sebesar 3,22, yang menempatkan UIKA pada sel II dalam Matriks IE. Strategi prioritas yang dihasilkan adalah: pengembangan teknologi, pengembangan produk, pengelolaan hubungan pelanggan, integrasi ke depan, dan pengembangan pasar.

Kata kunci: Ibn Khaldun University Bogor, Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Internal-External Matrix, SWOT Analysis, and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).

S1 Manajemen
3