ANALISIS STRATEGI BISNIS INDUSTRI PERHOTELAN DALAM MENGHADAPI PESAING DI PUNCAK BOGOR (STUDI KASUS HOTEL PONDOK SEKAR)

Risma Wati
61201021008856
2025
ANALISIS STRATEGI BISNIS INDUSTRI PERHOTELAN DALAM MENGHADAPI PESAING DI PUNCAK BOGOR (STUDI KASUS HOTEL PONDOK SEKAR)
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis Hotel Pondok Sekar dalam menghadapi persaingan ketat industri perhotelan di kawasan Puncak Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis dilakukan menggunakan Business Model Canvas (BMC), SWOT, Matriks IFE, EFE, IE, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Pondok Sekar memiliki keunggulan pada pelayanan personal dan lokasi strategis, namun masih menghadapi kendala seperti minimnya promosi digital, manajemen yang belum terintegrasi, dan keterbatasan fasilitas penunjang. Skor faktor internal sebesar 2,796 dan eksternal 3,520 menempatkan Hotel Pondok Sekar pada Kuadran II Matriks IE (growth and build). Strategi yang dihasilkan melalui SWOT meliputi SO, WO, ST, dan WT. Berdasarkan QSPM Meningkatkan promosi melalui berbagai media sosial dan meningkatkan kualitas dan fasilitas. Dengan Skor 7,19 Hasil ini menjadi rekomendasi untuk meningkatkan daya saing hotel di masa mendatang.

Kata kunci: Strategi Bisnis, Hotel Pondok Sekar, SWOT, BMC, IFE, EFE, IE, QSPM

S1 Manajemen
3