PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLI SEPEDA MOTOR MEREK SHELL (STUDI KASUS DI KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN BOGOR)

Muhamad Irfan
61201021008819
2025
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLI SEPEDA MOTOR MEREK SHELL (STUDI KASUS DI KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN BOGOR)
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Perkembangan industri otomotif khususnya oli sepeda motor mengalami peningkatan dan terus berkembang. Masyarakat Indonesia, terutama pengguna sepeda motor, sadar akan pentingnya oli sepeda motor sebagai kebutuhan dasar atau sehari-hari untuk menjaga performa mesin. Tren penggunaan sepeda motor yang semakin meningkat, serta tuntutan perawatan kendaraan yang tepat untuk menjaga keamanan dan efisiensi, menjadi salah satu alasan industri oli sepeda motor berkembang dengan baik di Indonesia. Permintaan pasar terhadap oli sepeda motor yang terus meningkat menyebabkan produsen oli sepeda motor bersaing ketat dalam menciptakan dan menawarkan produk yang mampu memenuhi ekspektasi para calon pembeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Oli Sepeda Motor Merek Shell. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara nonprobability sampling menggunakan rumus Lemeshow. Adapun sampel tersebut berjumlah 73 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 58,80% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel bebas seperti Harga dan Promosi. Sedangkan selebihnya 41,20% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t membuktikan bahwa variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan, sedangkan variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian oli sepeda motor merek Shell di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Kata kunci: Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Oli Shell, Pemasaran

S1 Manajemen
1