STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS JAMUMU HERBAL DRINK

Naulia Siregar
61201021008719
2025
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS JAMUMU HERBAL DRINK
Depok-GICI Business School-2025
Skripsi

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis dan produk pada UMKM Jamumu Herbal Drink, industri rumah tangga minuman herbal tradisional dengan menganalisa faktor internal dan eksternal yang berpengaruh pada keberlangsungan dan perkembangan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif berdasarkan studi kasus. Alat analisis yang digunakan meliputi Business Model Canvas (BMC), SWOT, IFE-EFE Matrix, serta Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dari penelitian ini didapatkan hasil UMKM Jamumu memiliki kekuatan pada kualitas produk yang organik dan premium dan segmentasi pasar eksklusif. Reputasi produk yang bersertifikasi, namun menghadapi tantangan pada brand awareness yang masih rendah, distribusi yang terbatas, dan belum optimalnya digitalisasi pemasaran. Hasil Matriks EFE diperoleh skor sebesar 2,89 dan Matriks EFE sebesar 3,04, yang berarti posisi Jamumu Herbal Drink berada pada kuadran II Matriks IE (Grow and Build). Berdasarkan hasil analisis QSPM, strategi utama yang direkomendasikan adalah memperkuat branding, memperluas jangkauan distribusi melalui channel online dan offline, serta inovasi dan pengembangan produk. Impikasi penelitian menunjukkan bahwa perumusan strategi berbasis analisis terintegrasi mampu memberikan arah pengembangan bisnis yang lebih terukur dan tepat sasaran, terutama bagi UMKM baru.

Kata kunci: Strategi pengembangan, UMKM, Minuman herbal tradisional, Jamu, BMC, SWOT, IE, QSPM

S1 Manajemen
11