PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT KINTANA SELARAS KREATIVITAS
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan pada PT Kintana Selaras Kreativitas. (2) Untuk mengetahui pengaruh word of mouth terhadap loyalitas pelanggan pada PT Kintana Selaras Kreativitas. (3) Untuk mengevaluasi apakah terdapat pengaruh secara simultan antara strategi penetapan harga dan word of mouth terhadap loyalitas pelanggan pada PT Kintana Selaras Kreativitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah menjadi pelanggan PT Kintana Selaras Kreativitas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penetapan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai signifikansi 0,000 < 0,05). Namun, word of mouth tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (nilai signifikansi 0,245 > 0,05). Secara simultan, kedua variabel independen, yaitu strategi penetapan harga dan word of mouth, berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F hitung sebesar 14,860 dan signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata kunci: Kata kunci: Strategi Penetapan Harga, Word of Mouth, Loyalitas Pelanggan