Strategi Pemasaran MTs Miftahul Huda Megamendung-Bogor
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, terutama pendidikan formal yang ditempuh oleh anak-anak di Indonesia. Semakin banyaknya lembaga pendidikan yang berdiri maka semakin berlomba-lomba pula dalam membuat strategi pemasaran agar menarik minat siswa/siswi, salah satunya di MTs Miftahul Huda. Promosi yang dilakukan oleh MTs Miftahul Huda hanya mengandalkan promosi secara offline, di era teknologi yang hampir semua aktivitas dilakukan secara online, termasuk mencari tau informasi mengenai sekolah atau mendaftarkan sekolah. Semua ini mengakibatkan ketidak stabilan pemasukan pendaftaran siswa/siswi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang dihadapi MTs Miftahul Huda juga menganalisis strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh MTs Miftahul Huda. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil analisis SWOT dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh MTs Miftahul Huda. Kekuatan yang dimiliki oleh MTs Miftahul Huda adalah lokasi sekolah yang strategis dan milik yayasan sendiri, memliki tenaga pendidik yang cukup banyak dan sudah sertifikasi, jasa yang diberikan berkualitas sangat baik dan bermutu, gedung sekolah yang luas dan menarik, brand dikenal oleh masyarakat luas, kualitas pelayanan yang diterapkan cukup baik, memiliki biaya ekonomis sesuai dengan kemampuan masyarakat, sekolah yang sudah terakreditasi A. Kelemahannya adalah Inovasi sekolah dapat ditiru pesaing, bangunan sekeolah memiliki kerusakan, pendidik datang tidak tepat waktu, promosi yang dilakukan masih secara offline, pendidik yang kurang solid, sarana dan prasarana yang kurang lengkap dan memiliki kerusakan. Peluangnya adalah siste belajar dapat diinovasikan dengan berbagai cara menggunakan teknologi, mengetahui pangsa pasar pesaing, daya tarik yang kuat dihari tertentu, gaya hidup siswa/siswi yang modern, sasaran pemasaran menggunakan jangka panjang dan pendek masyarakat sekitar yang religius, kebijakan menteri pendidikan. Peluangnya adalah kecanggihan alat promosi di tempat pesaing, banyaknya sekolah tingkat SMP/MTs yang menawarkan sekolah dengan biaya lebih terjangkau, lokasi pesaing berdekatan, banyak pesaing sejenisnya, kualitas pelayanan yang dimiliki pesaing lebih unggul , sarana dan prasarana pesaing lebih legkap, faktor ekonomi orangtua tidak stabil
Kata kunci: Strategi Pemasaran, MTs Miftahul Huda, SWOT
- Cover_HAERUNISYA AWALIYAH_2431900238.pdf
- BAB I_HAERUNISYA AWALIYAH_2431900238.pdf
- BAB II_HAERUNISYA AWALIYAH_2431900238.pdf
- BAB III_HAERUNISYA AWALIYAH_243190038.pdf
- BAB IV_HAERUNISYA AWALIYAH_2431900238.pdf
- BAB V_HAERUNISYA AWALIYAH_2431900238.pdf
- Daftar Pustaka_HAERUNISYA AWALIYAH_2431900238.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.