ANALISIS STRATEGI PADA ARIES BIRU GROUP HOTEL & VILLA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG

Syahwal Kurniandy Akbaraja
2411807054
2022
ANALISIS STRATEGI PADA ARIES BIRU GROUP HOTEL & VILLA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pada saat ini usaha penyedia jasa akomodasi atau perhotelan mengalami perkembangan yang sangat pesat khususnya di wilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya. Kemudahan akses internet dan informasi juga menjadi landasan penyedia jasa akomodasi untuk merumuskan strategi yang tepat agar tingkat hunian (ocupancy rate) tetap terjaga dan meningkat dengan melakukan perbaikan dari strategi bisnis yang dijalankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif strategi yang bisa digunakan oleh Aries Biru Group Hotel & Villa untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Jenis penelititan yang digunakan adalah penelititan deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 5 orang. Dengan teknik penentuan menggunakan purposive sampling. Pengolahan data menggunakan Software Microsoft Excel dengan analisis data internal factor fvaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 11 faktor internal dan 11 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi Aries Biru Group Hotel & Villa. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 3,129 dan total skor bobot matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,136. Berdasarkan matriks Internal-Eksternal (IE) Aries Biru Group Hotel & Villa berada pada wilayah I. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor internal dan eksternal untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh Aries Biru Group Hotel & Villa. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi mempertahankan citra positif dengan berinovasi, meningkatkan fasilitas produk & kualitas pelayanan, dengan STAS sebesar 7,884.

Kata kunci: Aries Biru Group Hotel & Villa, data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM).

S1 Manajemen
120