ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS CAFE DI KOTA BOGOR (STUDI KASUS KING’Q COFFEE & KITCHEN)

Firda Oktaviani
2411806962
2022
ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS CAFE DI KOTA BOGOR (STUDI KASUS KING’Q COFFEE & KITCHEN)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pada era globalisasi seperi sekarang ini bisnis mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal tersebut membuat persaingan antar bisnis semakin lama menjadi semakin ketat. Situasi seperti saat ini menuntut para pelaku bisnis untuk merumuskan sekaligus menerapkan strategi-strategi bisnis agar tidak hanya dapat bertahan dan mengembangkan bisnis yang dijalani namun juga dapat bersaing dalam merebut dan menguasai pangsa pasar yang ada, untuk itu strategi menjadi kunci dari pencapaian keunggulan bersaing dan keberhasilan sebuah bisnis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis strategi Cafe King’Q Bogor. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Pengolahan data menggunakan analisis data Internal Factor Evaluation(IFE), Eksternal Factor Evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan Quantitative strategic planning matriks (QSPM). Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 9 kekuatan dan 3 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 6 peluang dan 4 ancaman. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan skor sebesar 3,10 dan 3,10 hasil dari matriks IE yaitu Cafe King’Q terdapat pada sel I “Grow and Build “. Dan berdasarkan hasil analisis matriks QSP 9 alternatif strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu penetrasi pasar dengan nilai (TAS=6,99)

Kata kunci: Kata kunci : Cafe King’Q Bogor, faktor internal, faktor eksternal, matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM.

S1 Manajemen
279