Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel ( Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor )

Agnes Ardana
2411807134
2022
Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel ( Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor )
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pada era globalisasi saat ini, pelaku dunia perindustrian terutama di bidang teknologi komunikasi dituntut untuk meningkatkan kualitas yang lebih efektif dari segala sisi mengingat, persaingan juga semakin tinggi. Sebuah telepon seluler tidak akan bisa berfungsi sebagai alat komunikasi jika tidak menggunakan kartu seluler. Dengan banyaknya perusahaan seluler yang ada di Indonesia maka terciptalah persaingan pasar. Perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi berlomba-lomba mengeluarkan SIM yang berbasis GSM. Jenis- jenis operator GSM yang ada di Indonesia yakni, Tri, Indosat, Excecomindo Pratama (XL), Telkomsel, Axis dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara snowball sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 61,2% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga, dan iklan sedangkan sisanya 38,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas produk, harga, dan iklan secara serempak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung = 53,100 > dari Ftabel = 2,70. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kartu Telkomsel di Kota Bogor karena thitung (2,941) > ttabel (1,980) serta nilai signifikansinya di bawah 0,05, sedangkan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kartu Telkomsel di Kota Bogor karena thitung (6,015) <ttabel (1,980) serta nilai signifikansinya di bawah 0,05. Dan variabel iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel di Kota Bogor karena thitung (0,374) > ttabel (1,980) serta nilai signifikansinya di atas 0,05.

Kata kunci: Kualitas Produk, harga, iklan, keputusan pembelian

S1 Manajemen
32