PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN MARTABAK KIKI BOGOR SELATAN

Susi Susanti
2431900244
2022
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN MARTABAK KIKI BOGOR SELATAN
Depok-GICI Business School-2022
Laporan Tugas Akhir (D III)

Seiring perkembangan dunia bisnis khususnya kuliner, maka persaingan menjadi sangat ketat. Kota Bogor merupakan salah satu kota tujuan wisata sehingga banyak wisatawan baik domestik maupun manca negara yang berkunjung ke Kota Bogor. Kesempatan inilah yang diambil oleh para pelaku bisnis khususnya di bidang kuliner untuk membuka usaha di bidang kuliner dengan berbagai cita rasa yang mereka inginkan. Salah satu Kedai/restoran yang masih bertahan hingga saat ini yaitu Martabak Kiki Bogor Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan Martabak Kiki Bogor Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 62,9% faktor-faktor kepuasaan pelanggan dapat dijelaskan oleh indikator Kehandalan, jaminan, wujud nyata,empati dan ketanggapan, sedangkan sisanya 37,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan thitung (12,889) dimana ttabel (1,660) maka secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Martabak Kiki Bogor Selatan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasaan Pelanggan.

D3 Manajemen Pemasaran
34