PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAPANESE SOUFFLE PANCAKE DI KOTA BOGOR
Abstrak Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang memiliki peluang besar dan hasil yang menjanjikan bagi pelaku usahanya. Perubahan lingkungan perusahaan terutama perubahan gaya konsumsi masyarakat dan faktor pesaingan yang mampu menghasilkan produk yang sejenis, menyebabkan banyak perusahaan berorientasi pada konsumen. Perusahaan dituntut untuk memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya dengan menawar atau menjual produk yang berkualitas serta pelayanan yang baik terhadap pelanggannya. Kondisi ini juga menjadi tantangan yang dihadapi oleh salah satu usaha bisnis kuliner yakni Japanese Souffle Pancake. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan model analisisnya regresi linier berganda. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel promosi, harga, dan kualitas pelayanan menjelaskan variabel keputusan pembelian adalah sebesar 43,9 persen, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel promosi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara simultan dengan hasil analisis Fhitung = (25,014) > Ftabel = (2,699). Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel promosi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dengan hasil analisis thitung variabel promosi (4,643), harga (3,822), dan kualitas pelayanan (3,202) lebih besar dibanding ttabel (1,985).
Kata kunci: Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian