Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian susu cimory di Miss cimory Center Cibinong

Rahmat Hidayat
2411807200
2022
Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian susu cimory di Miss cimory Center Cibinong
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Saat ini perusahaan-perusahaan mulai bergerak kembali pasca adanya pandemi covid 19, banyak perusahaan yang mulai bersaing kembali untuk mendapat peluang pasar. Salah satunya yaitu dibidang penjualan susu baik yang skala besar maupun yang skala kecil mulai banyak bermunculan kembali. Ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi seperti adanya daya saing dalam hal harga yang memang harga susu saat ini tergolong cukup tinggi, program promosi yang dilakukan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, jangkauan pasar yang belum meluas, kurangnya kepuasaan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang didapatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, promosi dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Membeli susu cimory di Miss cimory Center Cibinong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 86 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 70,70% faktor-faktor keputusan membeli dapat dijelaskan oleh harga, promosi dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 29,30% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (69,338) > Ftabel (2,712). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (3,799) dan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (5,741) dimana ttabel (1,664) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli susu cimory di Miss cimory Center Cibinong. Adapun variabel promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli susu cimory di Miss cimory Center Cibinong dengan nilai hasil analisis thitung (0,001). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan membeli susu cimory di Miss cimory Center Cibinong adalah kualitas pelayanan.

Kata kunci: Harga, Promosi, Kualitas pelayanan, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
258