PENGARUH ULASAN PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)

Amelia Nur Azijah
2411807142
2022
PENGARUH ULASAN PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Pada era globalisasi zaman ini, perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sangatlah pesat, dimana saat ini kita dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Tentunya hal ini mendorong masyarakat untuk hidup jauh lebih mudah, semuanya serba online dan apapun yang kita mau dengan gampang melakukannya melalui aplikasi online. Dengan banyaknya aplikasi online yang ada di Indonesia maka terciptalah persaingan pasar. Perusahaan yang bergerak di aplikasi online mulai bersaing mengeluarkan produk atau promosi agar dapat menarik konsumen untuk berbelanja di aplikasi online tersebut. Jenis-jenis aplikasi online saat ini yaitu Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ulasan Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan pembelian di Aplikasi E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Metode penelitian ini berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara snowball sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 62,3% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ulasan produk, promosi, dan harga sedangkan sisanya 37,33% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel ulasan produk, promosi, dan harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu Fhitung = 55,491 > dari Ftabel = 2,7. Hasil uji t menunjukkan bahwa ulasan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee karena thitung (2,938) > ttabel (1,980) serta nilai signifikasinya di bawah 0,05, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee di Kota Bogor karena thitung (1,935) < ttabel (1,980) serta nilai signifikasinya di atas 0,05. Dan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee di Kota Bogor karena karena thitung (3,289) > ttabel (1,980) serta nilai signifikasinya di bawah 0,05.

Kata kunci: Ulasan produk, promosi, harga, keputusan pembelian

S1 Manajemen
471