PENGARUH ULASAN PRODUK, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BOGOR)
Pada era globalisasi zaman ini, perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sangatlah pesat, dimana saat ini kita dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Tentunya hal ini mendorong masyarakat untuk hidup jauh lebih mudah, semuanya serba online dan apapun yang kita mau dengan gampang melakukannya melalui aplikasi online. Dengan banyaknya aplikasi online yang ada di Indonesia maka terciptalah persaingan pasar. Perusahaan yang bergerak di aplikasi online mulai bersaing mengeluarkan produk atau promosi agar dapat menarik konsumen untuk berbelanja di aplikasi online tersebut. Jenis-jenis aplikasi online saat ini yaitu Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ulasan Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan pembelian di Aplikasi E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Metode penelitian ini berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara snowball sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 62,3% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ulasan produk, promosi, dan harga sedangkan sisanya 37,33% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel ulasan produk, promosi, dan harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu Fhitung = 55,491 > dari Ftabel = 2,7. Hasil uji t menunjukkan bahwa ulasan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee karena thitung (2,938) > ttabel (1,980) serta nilai signifikasinya di bawah 0,05, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee di Kota Bogor karena thitung (1,935) < ttabel (1,980) serta nilai signifikasinya di atas 0,05. Dan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee di Kota Bogor karena karena thitung (3,289) > ttabel (1,980) serta nilai signifikasinya di bawah 0,05.
Kata kunci: Ulasan produk, promosi, harga, keputusan pembelian
- COVER_AMELIA NUR AZIJAH_2411807142.pdf
- BAB I_AMELIA NUR AZIJAH_2411807142.pdf
- BAB II_AMELIA NUR AZIJAH_2411807142.pdf
- BAB III_AMELIA NUR AZIJAH_2411807142.pdf
- BAB IV_AMELIA NUR AZIJAH_2411807142.pdf
- BAB V_AMELIA NUR AZIJAH_2411807142.pdf
- DAFTAR PUSTAKA_AMELIA NUR AZIJAH_2411807142.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.