PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET PALM HILLS BABAKAN MADANG

Pitria Aryani
2411807193
2022
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET PALM HILLS BABAKAN MADANG
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Indomaret adalah salah satu jaringan peritelan waralaba di Indonesia. Bisnis Minimarket pada saat ini tergolong sangat pesat, sehingga pengelola saling bersaing baik dalam product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Palm Hills Babakan Madang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Palm Hills Babakan Madang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 60,80% faktor-faktor keputusan pembelian di Indomaret Palm Hills dijelaskan oleh produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik sedangkan sisanya 39,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Indomaret Palm Hills dengan hasil analisis Fhitung = (22,944) > Ftabel = (2,11). Hasil Uji t menunjukkan variabel produk hasil analisis thitung (3,528), proses (2,867), bukti fisik (3,244) dimana ttabel (1,986) maka secara parsial variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel harga menunjukkan hasil thitung (-1,124), lokasi (0,358), promosi (0,485) dan orang (0,624) dimana ttabel (1,986) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Indomaret Palm Hills. Bisa dijelaskan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Indomaret Palm Hills adalah promosi.

Kata kunci: produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik, keputusan pembelian.

S1 Manajemen
161