PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA MURID MENDAFTAR DI SEKOLAH PAUD KEMUNING CIAWI BOGOR

Siti Patmawati
2411907909
2023
PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA MURID MENDAFTAR DI SEKOLAH PAUD KEMUNING CIAWI BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Semakin berkembangnya dunia pendidikan, maka pilihan sekolah saat ini semakin banyak dan saling bersaing untuk menarik perhatian masyarakat. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah langkah awal dalam perjalanan akademis anak menjadi bekal pembelajaran untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Adapun permasalahan yang dihadapi seperti memiliki biaya spp bulanan yang relatif mahal dibandingkan dengan kompetitor, lokasi parkir yang terbatas membuat orangtua murid enggan untuk mengunjungi sekolah, kurangnya melakukan promosi, PAUD Kemuning mengandalkan lingkungan masyarakat sekitar yang daftar sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Orangtua Murid Mendaftar di Sekolah PAUD Kemuning Ciawi Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dengan cara menggunakan kuesioner dengan skala likert. Model analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Teknik ini digunakanbila semua anggota populasi menjadi sampel karena jumlahnya kurang dari 50 responden(hardani, 2020:365). Hasil uji regresi menunjukan bahwa kontribusi variabel independen adalah 95,5%, sedangkan sisanya 4,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sedangkan hasil uji f bahwa nilai Fhitung = 331,130 > dari Ftabel = 2,81. Ini berarti bahwa variabel independen yang terdiri dari harga, promosi dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mendaftar sekolah di PAUD Kemuning. Hasil uji t menunjukan variabel harga thitung (0,891) < ttabel (2,015) dan variabel promosi thitung (-1,511) < ttabel (2,015) artinya bahwa variabel harga dan promosi secara parsial promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mendaftar sekolah di PAUDKemuning. Sedangkan variabel lokasi Secara parsial lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mendaftar sekolah di PAUD Kemuning karena thitung (27,375) > ttabel (2,015).

Kata kunci: Kata kunci : harga, lokasi, promosi dan keputusan memilih.

S1 Manajemen
116