PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, SOCIAL INFLUENCE DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT MEMBELI KEMBALI KONSUMEN PADA PLATFORM SOCIAL COMMERCE TIKTOK YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL KEPERCAYAAN

Depi Sri Handayani
61101021100059
2025
PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, SOCIAL INFLUENCE DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT MEMBELI KEMBALI KONSUMEN PADA PLATFORM SOCIAL COMMERCE TIKTOK YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL KEPERCAYAAN
Depok-GICI Business School-2025
Tesis

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepercayaan dalam memediasi pengaruh persepsi kemudahan, pengaruh sosial, dan persepsi risiko terhadap minat membeli kembali konsumen pada platform TikTok Shop sebagai salah satu bentuk social commerce yang berkembang pesat di Indonesia. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya intensitas belanja konsumen melalui fitur live shopping dan video pendek, yang membutuhkan pemahaman mengenai faktor-faktor psikologis yang memengaruhi loyalitas pengguna. Penelitian ini melibatkan 100 responden pengguna aktif TikTok Shop dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan pengaruh sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pengguna TikTok Shop. Sebaliknya, persepsi risiko memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepercayaan. Selanjutnya, kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli kembali. Temuan menarik lainnya adalah kepercayaan tidak memediasi hubungan antara persepsi kemudahan dan pengaruh sosial terhadap minat membeli kembali, tetapi berperan sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara persepsi risiko terhadap minat membeli kembali. Implikasi dari temuan ini menyarankan agar TikTok Shop dan para penjual di dalamnya lebih fokus pada pengelolaan dan pengurangan risiko yang dirasakan konsumen, seperti keamanan pembayaran, keaslian produk, dan transparansi informasi penjual. Strategi peningkatan loyalitas pengguna sebaiknya tidak hanya berorientasi pada kemudahan penggunaan dan promosi influencer, tetapi juga menekankan pada upaya membangun kepercayaan melalui perlindungan konsumen dan jaminan transaksi yang aman dan terpercaya.

Kata kunci: Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Social Influence, Persepsi Resiko, Kepercayaan, Minat

S2 Manajemen
1