STUDI KELAYAKAN BISNIS PRODUK MANTRA CLEAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan usaha Mantra Clean, sebuah bisnis produk kebersihan rumah tangga, ditinjau dari aspek non finansial dan finansial. Aspek non finansial meliputi pemasaran, teknis, hukum, dan sumber daya manusia, sedangkan aspek finansial dianalisis menggunakan Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI), dan Payback Period (PP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mantra Clean layak ijalankan. Secara non finansial, usaha ini memiliki pasar yang potensial, sistem operasional yang efisien, serta legalitas dan struktur SDM yang mendukung. Secara finansial, usaha ini menghasilkan NPV positif, IRR lebih tinggi dari tingkat diskonto, PI di atas 1, dan waktu pengembalian modal yang singkat.
Kata kunci: Kelayakan usaha, aspek finansial, aspek non finansial, Mantra Clean.
- Cover_Kifin Ramadhan_61201021008802.pdf
- BAB I _Kifin Ramadhan_61201021008802.pdf
- BAB II_Kifin Ramadhan_61201021008802.pdf
- BAB III _Kifin Ramadhan_61201021008802.pdf
- BAB IV _Kifin Ramadhan_61201021008802.pdf
- BAB V _Kifin Ramadhan_61201021008802.pdf
- DAFTAR PUSTAKA _Kifin Ramadhan_61201021008802.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.