PENGARUH EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DI SMP IT AL-FARIIDA KEMANG BOGOR

Yoyoh Cikayanti
2411807230
2022
PENGARUH EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DI SMP IT AL-FARIIDA KEMANG BOGOR
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

ABSTRAK YOYOH CIKAYANTI. NIM 2411807230. PENGARUH EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DI SMP IT AL-FARIIDA KEMANG BOGOR. Pada persaingan di era globalisasi saat ini Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berdaya saing. Melihat Indonesia masih tertinggal jauh dalam hal pendidikan dari negara-negara lain. Maka dari itu Indonesia masih perlu mengejar ketertinggalan dengan mengatasi permasalahan. Faktor dari ketertinggalannya pendidikan di Indonesia salah satu permasalahannya dari perilaku belajar peserta didik yang masih belum sesuai dan kurang berkembangnya minat, bakat serta potensi melalui kegiatan ektrakurikuler yang terdapat disekolah, sehingga untuk mencapai prestasi akademik masih sulit didapatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh ektrakurikuler dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik di SMP IT AL-FARIIDA Kemang Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara sampel jenuh. Adapun sampel tersebut berjumlah 66 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 0,771 atau sebesar 77,1% faktor-faktor pengaruh prestasi akademik dapat dijelaskan oleh ekstrakurikuler dan perilaku belajar sedangkan sisanya 22,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel ektrakurikuler dan perilaku belajar secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (110,493) > Ftabel (3,143). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel ekstrakurikuler menunjukkan hasil analisis thitung (8,554) dan variabel perilaku belajar menunjukkan hasil analisis thitung (7,821) dimana ttabel (1,998) serta nilai signifikansinya dibawah 0,05 maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik di SMP IT AL-FARIIDA Kemang Bogor. Variabel yang dominan mempengaruhi prestasi akademik di SMP IT AL-FARIIDA Kemang Bogor adalah ekstrakurikuler. Kata kunci : ekstrakurikuler, perilaku belajar, prestasi akademik.

Kata kunci: ekstrakurikuler, perilaku belajar, prestasi akademik

S1 Manajemen
62